Menikmati Lautan Awan di Bukit Jamur Bengkayang

Bukit Jamur. Akhir tahun 2016 berkesempatan pergi ke bukit jamur. Sebenarnya perjalanan ini tidak pernah terencana. waktu itu liburan akhir tahun. Awalnya saya hanya berencana mendaki bukit jempol (A.k.a Gunung Poteng) eh dapat rezeki bisa jalan (lagi) ke bengkayang. Motivasi awal saya sih sebenarnya ingin menjajal jalan antara singkawang dan bengkayang. FYI : Kemanapun saya pergi, saya lebih suka perjalanannya daripada tempat tujuan. Alasannya sederhana proses selalu lebih menyenangkan daripada hasil. Apalagi proses menemui bapakmu :D  .

Waktu Pendakian

Waktu yang tepat sebenarnya tergantung kita. Tapi saran sih saat musim penghujan (kira-kira bulan Oktober-Desember). Mengapa? karena jika hujan lautan awan akan terbentuk. Sebaiknya dari kaki bukit dimulai sore hari. Sampai puncak tepat saat sunset.
JANGAN LUPA JADWAL IBADAH vroh.

Rute Perjalanan ke bukit jamur

Bukit jamur terletak di Dusun Jaku Desa bhakti Mulya bengkayang.
Jika titik mulai perjalan dari pontianak maka teman-teman memiliki dua jalur yaitu jalur darat dan jalur udara. Kalo jalur udara kayaknya harus pakai helikopter. Tapi, seperti kesepakatan awal, selain mahal perjalanannya pasti kurang menyenangkan :D.
Jalur darat dapat di tempuh dengan dua rute.
Rute pertama Pontianak-Pinyuh-Anjungan-Bengkayang-Bukit Jamur.
Rute kedua Pontianak-Pinyuh-Mempawah-Singkawang-Bengkayang-Bukit Jamur.
Kedua rute tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget masing-masing, nilai plus dari rute kedua adalah kamu bisa jalan-jalan dulu kepantai atau tempat-tempat lain di mempawah dan kota singkawang. Medan dari kedua rute relatif sama.

Pada rute pertama jalanan akan mulai berkelok-kelok dan sesekali naik-turun setelah anjungan. Jalanan juga akan mulai sepi, SPBU baru dibangun (mungkin sekarang sudah buka) jadi pastikan kondisi kendaran dan BBM anda full atau minimal mencukupi untuk 1-2 jam perjalanan. Sesampainya dikota bengkayang terus lurus mentok pertigaan belok kiri terus. ketemu perempatan jalan masjid jami'. (lihat foto)
Sedangkan rute kedua perjalan yang agak menyulitkan setelah kota singkawang, jalanan sempit, berkelok-kelok dan sesekali naik turun. Sepanjang jalan relatif ramai perkampungan. Namun, tidak ada SPBU. Ada satu daerah yang menurut saya keren yaitu vendering jalanan berkelok full naik turun (pokoknya mirip sirkuit belokannya) Dengar dengar angker juga' . memasuki kota bengkayang ketemu perempatan jalan masjid jami' . ( lihat foto )
jalan ke bukit jamur bengkayang
Perempatan menuju dusun jaku
Setelah masuk kira-kira 5-10 menit maka ketemu pertigaan menuju jembatan gantung seperti gambar berikut ini. Belok ke kiri. Jika tersesat dan kurang yakin jangan segan untuk bertanya pada warga setempat.
Jalur ke bukit jamur
Jalan menuju jembatan gantung
Nah ini dia jembatan gantung yang dimaksud. Pada saat saya kesana jembatannya sedang direnovasi jadi harus lewat sungai dibawahnya.
Jembatan gantung bukit jamur
Jembatan dusun jaku

Setelah melewati jembatan terus saja lurus. Perkampungan warga berada disepanjang jalan. Tidak perlu takut tersesat. Warga akan dengan suka rela memberi tahu arah jika anda tersesat.
Sampai di pos terakhir tempat memarkir kendaraan (maaf belum ada foto). Kita tidak dikenakan biaya masuk (Gak tau nanti) Hanya saja saat pulang harus membayar biaya parkir (lupa saya) sekitaran Rp. 10.000.
 Pendakian pun dimulai.Jangan lupa cek lagi perlengkapan. Pendakian dapat memakan waktu 2-3 jam perjalanan. Jalur relatif landai hanya diakhir saja agak menanjak. Tonton video ini untuk melihat sekilas jalur pendakian.

Sampai dilokasi segera cari tempat untuk beristirahat. Mata air tersedia walau memang sedikit.