Teknologi Mengubah Sekelilingku

Teknologi Mengubah Sekelilingku. Pertama, mari renungkan sejenak.
Dalam satu hari, seberapa banyak kita berinteraksi dengan orang lain menggunakan teknologi? Sedikit, banyak ?, Atau seberapa sering anda menggunakan teknologi?
Saat anda membaca artikel ini sebenarnya anda telah menggunakan teknologi, bahkan mungkin saat mimpi-pun dalam mimpi kita menggunakan teknologi :D
Bisakah kita dalam satu hari atau minimal satu jam saja berhenti menggunakan teknologi? Kebanyakan kita akan sepakat tidak bisa.
Ternyata kita telah bergantung pada teknologi disegala bidang.
 Tentu tidak bisa kita bayangkan jika teknologi saat ini tiba-tiba menghilang. Mungkin akan terjadi kekacauan?
Sebelum kita membahas dampak teknologi bagi kehidupan. Ada baiknya terlebih dahulu untuk membaca pengertian teknologi,
Dikutip dari laman oxforddictionaries.com “The application of scientific knowledge for practical purposes” berarti penerapan pengetahuan ilmiah untuk tujuan yang praktis.
Sedangkan laman wikipidia.com menyebutkan bahwa Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan, dan kenyamanan hidupmanusia.
Jadi, teknologi merupakan hasil dari penerapan ilmu pengetahuan yang digunakan untuk mempermudah kehidupan. Nah, dari pengertian ini dapat kita simpulkan bahwa tujuan utama dari teknologi adalah
Mempermudah kita dalam kehidupan. Teknologi bahkan dapat dijadikan sebagai alat untuk meningkatkan efiesiensi dalam bekerja baik dari segi kualitas maupun kuantitas.
Berikut ini akan saya ulas beberapa pengaruh teknologi dalam kehidupan kita


1. Penyimpanan berkas
Dulu...., saat masih sekolah di SMP setiap awal semester, ada kebiasaan saya dan teman-teman meminjam buku di perpustakaan (mau beli mahal vroh). Buku-buku yang dipinjam terbatas, yah, siapa cepat dia dapat.
Kalo gak ketemu bukunya terpaksa gigit jari foto kopi.
Sekarang..., masih pinjam sih, tapi sudah tidak gigit jari  ada yang lebih praktik lagi. E-book, buku elektronik bisa dibawa kemana-mana. Bahkan muat dikantong. Kalo gak punya tinggal Download di internet atau ngopy dari teman.
Mau versi cetak tinggal pesan di toko online. Atau nyetak sendiri. Tapi, tidak dapat dipungkiri kita masih rindu sama buku cetak ya, jadi perpus gak perlu tutup J
Selain buku. Sekarang teknologi dapat memungkinkan kita untuk menyimpan berkas secara digital dalam bentuk data biasa kita menyebutnya softfile. Baik disimpan secara online  dalam website maupun di dalam perangkat.
Hal ini tentu mempermudah pekerjaan kita.
--




  • 2. Mau beli barang atau jasa tinggal klik
  • Sebentar lagi lebaran ya, sudah beli baju baru ? atau sudah punya tiket untuk pulang kampung?
    Nah, sekarang sudah banyak toko online di internet mulai dari skala ruko sampe supermarket hehehe. Everywhere or everytime tanpa perlu antri atau menggangu jadwal kerja kita.
    Jadi, lebaran aman hehe.


    3. Informasi mengalir deras
    Di zaman yang semakin canggih kebutuhan akan informasi merupakan salah satu masalah. Teknologi menjawab dengan banyaknya alat alat penunjang. Setiap waktu informasi dari segala penjuru dunia dapat kita ketahui dengan cepat
    Meskinpun letaknya sangat jauh dari tempat kita. Dunia kini dapat dilihat hanya dengan satu jendela saja. Apalagi hadirnya smartphone, dengan berbagai fitur yang ditawarkan. Mulai dari sekedar berkomunikasi hingga...... hingga apalagi ya, pokoknya banyak sampe gak keingat :D


    4. Ilmu pengetahuan berkembang begitu pesat.
    Banyaknya teknologi mempermudah kita untuk mempelajari ilmu pengetahuan. Fasilitas penunjang yang mungkin diluar bayangan kita telah ada. Misalnya, printer 3D.
    Saya tidak bisa membayangkan jika Al-haitsami, Einstein, Newton, dan ilmuwan lain hidup pada saat ini. Entah apa yang akan mereka ciptakan


    5. Revolusi digital
    Dikutip dari laman wikipedia.com Revolusi Digital adalah perubahan dari teknologi mekanik dan elektronik analog ke teknologi digital yang telah terjadi sejak tahun 1980 dan berlanjut sampai hari ini.
    Revolusi ini menyangkut kedalam berbagai aspek kehidupan. Jika dulu kita hanya bermimpi untuk memiliki sebuah alat yang memuat kamera, komputer sekaligus alat komunikasi – sekarang itu bukanlah mimpi lagi.
    Jika dulu ada istilah sandang pangan dan papan yang harus dipenuhi. Sekarang ada satu benda lagi yang harus dipenuhi “colokan” ini istilah yang ngetrend” akan kebutuhan energi (listrik) untuk menjalankan teknologi.
    Mungkin saja beberapa dekade kedepan kita bisa masuk ke dalam dunia digitas seperti dalam film fiksi ilmiah. Bahkan pengiriman barang akan seperti mengirim softfile melaui komputer.

    Kemajuan teknologi harus di sadari tidak hanya berdampak positif. Ada dampak lain yang mengancam, perlu kearifan kita untuk menggunakan teknologi secara baik dan benar. Jangan biarkan orang disekeliling kita tergantikan oleh benda mati. Jadikan teknologi sebagai fungsi awalnya yaitu mempermudah kehidupan kita bukan sebaliknya, “diperbudak” oleh teknologi. 
    Kita boleh saja hanyut tapi tidak boleh larut.
    Semoga kita dapat memanfaatkan teknologi sebaik-baiknya untuk kemajuan bangsa. Apakah benar tekknologi mengubah sekeliling kita.
    Reference :

    4 Komentar

    Lebih baru Lebih lama