Teleskop Terbesar di Dunia

Teleskop radio super besar
FAST - weforum.org
Kekuatan ekonomi tiongkok berkembang begitu pesat. Hal ini memperlihatkan fakta bahwa politik tiongkok juga menguat, sepert pada sektor militernya. Tapi, ada sektor lain yang sedang digarap tiongkok yang dengan cepat menjadi pemimpin dunia.
Penelitian ilmiah merupakan sektor yang digarap pada skala yang besar. Kemudian ketika the National People’s Congress-kongres rakyat nasional awal tahun ini, disetujui ke-13 rencana selama yang akan dilakukan oleh tiongkok 5 tahun kedepan. Inovasi ilmu pengetahuan menjadi prioritas utama.
Tiongkok bermaksud menaikkan pengeluaran penelitian menjadi 2.5 %  pada tahun 2020 yang sebelumnya kurang dari 2.2 % selama 5 tahun belakangan.

Teleskop Super besar

Teleskop ini memiliki diamter hingga mencapat 205 meter. Teleskop ini diberi nama The Five-Hundred-Metre Aperture Spherical Telescope (FAST).  Di bangun oleh The National Astronomical Observatories of the Chinese Academy of Sciences (NAOC), Luasnya seperti diungkapkan oleh BBC seperti 30 kali luas lapangan sepakbola. 
Teleskop ini dibangun di barat daya provinsi guizhou. Proyek ini menelan biaya hingga 180 Juta dollar US atau setara dengan 2,37 trilyun rupiah (luar biasaah pemirsa). Dengan lama pembangunan memakan waktu 5 tahun. 
Terdapat 4,450 panel yang digunakan sebagai reflektor dari teleskop. Fast memiliki julukan TIANYAN atau eye of heaven-mata surga. 
FAST akan membantu para astronom untuk melakukan survei hydrogen yang ada di galaksi, mendeteksi molekul di ruang angkasa, mencari gelombang radio natural dari planet yang mengorbit pada bintang lain, dan mencari sinyal dari radio yang menunjukkan keberadaan alien. Researchers quoted by state media said FAST would search for gravitational waves, detect radio emissions from stars and galaxies and listen for signs of intelligent extraterrestrial life.
Dikutip dari phys.org berdasarkan liputan CCTV dari test terakhir teleskop dapat menerima sinyal radio dari pulsar yang jaraknya 1.351 Tahun cahaya dari bumi.
Begitu hebat kemajuan tiongkok dalam ilmu pengetahuan. Semoga Indonesia dapat menyusul untuk membangun proyek-proyek luar angkasa. Semoga

Source :
 https://www.weforum.org/agenda/2016/07/china-supersize-science-projects/
http://phys.org/news/2016-05-technology-metre-aperture-spherical-telescope.html
http://phys.org/news/2016-09-china-world-largest-radio-telescope.html
http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/07/teleskop-terbesar-di-dunia-siap-untuk-berburu-alien
http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2016/07/160704_majalah_teleskop_cina

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama