Sisi Gelap Dari Bulan

The Moon - Pinterest.com
Bulan merupakan satu-satunya satelit alam yang menemani bumi. Berputar mengelilingi bumi sekaligus menemani bumi mengelilingi matahari dan mengarungi alam semesta. Bulan selalu setia, tidak protes selalu menampakkan wajah yang sama, kadang terlihat seperti senyuman kadang terlihat penuh cahaya. Semoga dirimu seperti bulan #Eh  . Adakah dari kalian yang bertanya mengapa wajah/permukaan bulan hanya itu-itu saja? bukankah bulan itu bulat? Adakah hubungannya dengan salah satu film "The Dark of The Moon" atau Sisi Gelap dari Bulan?

Apakah anda pernah berfikir bahwa bulan hanya berevolusi mengelilingi bumi tanpa berotasi pada porosnya? Cobalah menonton video berikut ini :


Hal yang unik dari bulan adalah waktu revolusi dan waktu rotasinya relatif sama. Yaitu selama 27 Hari. Hal inilah yang menyebabkan sisi bulan yang menghadap bumi selalu sisi yang sama. Sebenarnya sisi gelap bulan lebih tepat disebut sisi jauh bulan. Karena saat bulan baru (Bulan terletak diantar bumi dan matahari) sisi gelap bulan akan tersinari oleh matahari.  Berikut ini fase bulan

Pengamatan manusia pada sisi jauh bulan sangat sedikit, Dikuti dari infoastronomy.org bahwa Sisi jauh Bulan ini pertama kali difoto oleh Luna 3 milik Uni Soviet pada tahun 1959, dan pertama kali dilihat langsung oleh manusia pada misi Apollo 8 Amerika Serikat tahun 1968. Sisi jauh Bulan memiliki permukaan yang tidak rata dengan banyak kawah tabrakan, dan memiliki sedikit mare. Sampai saat ini, belum ada penjelajahan darat dilakukan di sisi jauh Bulan. 
Mengapa tidak ada misi yang khusus mengamati sisi jauh bulan? Hal ini dikarenakan saat wahana antariksa memasuki sisi jauh bulan. Komunikasi akan putus hal ini dikarenakan sinyal tidak bisa sampai ke bumi karena terhalang oleh bulan itu sendiri. 
Adakah kehidupan di daerah sisi jauh bulan atau adakah alien di sisi tersebut seperti dalam film  fiksi ilmiah?
Sejauh ini dan seperti yang kita ketahui  bahwa di bulan tidak memiliki air salah satu unsur tepenting kehidupan. Kemudian langit disana berwarna hitam gelap karena tidak ada atmosfer yang melingkupinya. Selain itu, udara di bulan sangat tipis sekali, bahkan suarapun tidak bisa merambat. Dari fakta tersebut mustahil ada kehidupan biologis seperti dibumi.
Sekian, jangan lupa bersyukur dengan udara segar, langit biru cerah dan bulan yang mempercantik malam. Tetaplah setia seperti bulan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama