Pontianak Kota Wisata Paling Menarik Di Indonesia


Pontianak kota wisata paling menarik di indonesia
Kota pontianak in the night -http://thanksindo.blogspot.co.id/
Pontianak Kota Wisata Paling Menarik Di IndonesiaPontianak merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki ciri khas tersendiri. Ada banyak tempat di kota pontianak yang dapat dijadikan sebagai tempat rekreasi baik sendiri maupun bersama-sama. Ada banyak alasan kota pontianak menjadi destinasi wisata paling menarik di Indonesia. Berikut ini beberapa alasan yang dapat dijadikan referensi.

Kota yang Terletak di Bagian Utara dan Selatan Bumi Sekaligus

Garis khatulistiwa menjadikan Pontianak kota wisata paling menarik di indonesia
Dua orang mahasiswa sedang berada di garis khatulistiwa. Credit : koleksi pribadi
Kota Pontianak merupakan satu-satunya kota yang dilintasi oleh garis equator atau garis khatulistiwa. Garis khatulistiwa merupakan garis imajiner yang membelah bumi menjadi dua bagian yaitu bagian utara dan bagian selatan.  Oleh karena itu, Posisi kota pontianak terletak pada dua belahan bumi dengan koordinat 0° 02' 24" ‎LU‎ – 0° 01' 37" ‎LS‎. Terdapat dua lintang bukan? Jadi, masyarakat kota pontianak sudah biasa melintasi belahan bumi utara dan selatan atau berdiri di bagian bumi utaran dan selatan secara bersamaan. Tertarik?
Hal menarik dari kota pontianak menjadikan satu-satunya kota yang terbagi menjadi dua oleh garis khatulistiwa
Garis khatulistiwa foto asli khatulistiwapark.com
Tugu khatulistiwa merupakan salah satu ikon kota pontianak yang paling terkenal. Tugu ini menjadi penanda bahwa kota pontianak dilewati oleh garis khatulistiwa yang memisahkan bumi menjadi dua bagian. Setiap tahun di tugu ini dirayakan fenomena kulminasi matahari dan beberapa fenomena alam yang hanya dapat dilakukan di daerah khatulistiwa. Berikut ini salah satu foto teman saya.
Tugu khatulistiwa ikon kota pontianak,Pontianak kota wisata paling menarik di indonesia
Menaungi Tugu khatulistiwa

Kota Wisata Edukatif

Kebutuhan akan rekreasi bersama keluarga atau teman tapi sekaligus belajar dapat terpenuhi di kota pontianak. Ada berbagai macam fenomena alam dan sejarah yang dapat dipelajari di kota pontianak. Berikut ini beberapa diantaranya :

Sungai Terpanjang se-Indonesia

Sungai terpanjang di indonesia ada di Pontianak kota wisata paling menarik di indonesia
Sungai kapuas by yusfa hendra panoramio.com

Di buku-buku pelajaran sering disebutkan bahwa sungai terpanjang yang ada di Indonesia terdapat di Kalimantan Barat. Nama sungai tersebut adalah sungai kapuas, membentang sejauh 1.143 KM. Sungai ini juga melewati kota pontianak. Sungai kapuas dapat di nikmati dengan dua cara. Pertama dari bantaran sungai misalnya Taman alun kapuas atau Tepian masjid jami'. Pontianak menawarkan berwisata air di sungai kapuas dengan kapal galaherang setiap orang akan dikenakan biaya yang masih cukup terjangkau. Rute dari kapal galaherang dari Taman alun kapuas kemudian menuju Tol I kapuas dan kembali lagi ke taman alun kapuas. Kemudian ada berita terbaru untuk menikmati sungai kapuas dapat menggunakan menggunakan kano, dengan tarif hanya sepuluh ribu dan waktu penggunaan selama satu jam. 

Fenomena Arus gaya koriolis

Akibat perputaran bumi terhadap porosnya. Hal ini juga menyebabkan fenomena gaya koriolis atau arah arus angin pada bagian bumi utara dan bagian bumi selatan. Gaya ini dapat diamati secara langsung di pontianak baik arus selatan maupun arus utara. Biasa dilakukan di daerah sekitar tugu khatulistiwa. Coba tonton video berikut ini.


Wisata Edukasi Sejarah dan Budaya

Kota Pontianak didirikan pada tanggal 23 oktober 1771. Bangunan pertama yang menandai berdirinya kota pontianak adalah masjid jami' sultan syarif abdurrahman serta masih didalam komplek yang sama juga terdapat keraton kadriah kesultanan pontianak. Dua bangunan ini masih berdiri kokoh hingga saat ini
majid jami' sultan syarif abdurrahman di kota pontianak, Pontianak kota wisata paling menarik di indonesia
Masjid jami' kesultanan pontianak by nizar kaizar panoramio.com
Diseberang keraton kadriah sebenarnya dulu dikenal sebagai tanah seribu yang digunakan kolonial belanda sebagai pusat aktivitasnya. Tempat ini dibatasi oleh parit-parit yang dijadikan sebagai pertahanan sekaligus transportasi dan pencegahan banjir. Salah satu kanal/parit yang tersisa saat ini adalah parit besak. Di daerah ayani berdiri museum kalimantan barat yang menyimpan sejarah kota pontianak dan kalbar. Banyak barang peninggalan dan purwarupa budaya/peradaban masyarakat.
Kota pontianak juga kaya akan budaya, setidaknya terdapat dua suku yang menjadi mayoritas yaitu suku melayu dan suku dayak. Salah satu bangunan yang menjadi ikon suku dayak di kota pontianak adalah rumah radakng. Yaitu rumah panjang. Rumah bagi suku adat dayak. setiap tahun selalu ada event budaya yaitu pekan gawai dayak. 
rumah radakng, Pontianak kota wisata paling menarik di indonesia
Rumah Radakng by Nizar kaizar panoramio.com
Pontianak memiliki simbol sejarah perjuangan ada tugu digulis tugu ini biasa juga disebut tugu bambu runcing ataupun monumen sebelah digulis kalimantan barat.  Monumen ini didirikan sebagai peringatan atas perjuangan sebelas tokoh Sarekat Islam di Kalimantan Barat, yang dibuang ke Boven Digoel, Irian Barat karena khawatir pergerakan mereka akan memicu pemberontakan terhadap pemerintah Hindia Belanda di Kalimantan (wikipedia.com).  Letak dari monumen berada ditengah bundaran perempatan jln Ayani, jln Daya nasional dan jln Prof.Dr. H. Hadari Nawai. 
Tugu digulist pontianak, Pontianak kota wisata paling menarik di indonesia
Tugu digulis by wahyu rudiyan saputra

Lokasi pengamatan langit utara dan langit selatan

Bagi para penggemar astronomi. Kota pontianak menjadi tempat yang tepat untuk berburu benda-benda langit. Jika di pulau jawa kita hanya bisa mengamati langit selatan. Di kota pontianak kita dapat menikmati keindahan langit utara dan selatan sekaligus. Di beberapa daerah kota Pontianak polusi cahaya tidak terlalu banyak dan tidak banyak bangunan yang tinggi yang akan menghalangi horizon.
Kita bisa mengunjungi LAPAN di jln 28 oktober atau Universitas tanjungpura. Penulis sendiri pernah mengamati antariksa dilapangan FKIP Untan. Benda langit seperti Bulan atau saturnus dengan cincinnya terlihat jelas.
Langit kota pontianak menarik, pontianak kota wisata paling menarik di indonesia

Kota Wisata Tanpa Bayangan

Peristiwa kulminasi di tugu khatulistiwa, Pontianak kota wisata paling menarik di indonesia
Fenomena kulminasi khatulistiwapark.com 
Karena terletak di daerah khatulistiwa. Pada beberapa tanggal matahari tepat berada diatas kota pontianak. Akibatnya benda-benda yang berdiri tegak tidak akan memiliki bayangan. Fenomena ini disebut kulminasi. Terjadi setiap tanggal 21-23 maret dan 21-23 september tiap tahun. Jadi, pada tanggal tersebut apapun yang berdiri tegak baik itu bangunan atau makhluk hidup tidak akan memiliki bayangan. Hanya saja sebagai catatan, peristiwa ini hanya terjadi beberapa saat setiap matahari tepat diatas kota pontianak.

Kota Bersinar Secerah Mentari

Pontianak kota wisata paling menarik di indonesia
Matahari  Terbenam di pontianak by khatulistiwapark.com
Motto dari kota pontianak adalah bersinar. Yaitu BERsih, Sehat, INdah, Aman, Ramah. 
Selain sebagai motto menurut saya saat matahari bersinar terik cuaca di pontianak dapat mencapai 38 derajat celcius :) . Tapi, meskipun begitu kota pontianak tidak selalu panas, Kita juga bisa menyaksikan golden sunset di sungai kapuas. Informasi terbaru menyebutkan pontianak akan menjadi kota dengan konsep smart city. Melalui smart city diharapkan dapat memudahkan birokrasi dan memudahkan arus informasi di Kota Pontianak berjalan dengan baik, cepat dan efisien. Hingga pontianak tidak hanya menjadi kota wisata paling menarik di indonesia. Tapi, sebagai percontohan kota lain yang sedang berkembang.

Kota Wisata Terapung

Pontianak kota wisata paling menarik di indonesia memiliki lanskap perairan
Pontianak city by nizar kaizar panoramio.com
Selain kota khatulistiwa julukan lain kota pontianak adalah kota seribu parit. Selain dibelah oleh sungai landak dan sungai kapuas. Kota ini juga memiliki banyak sekali parit-parit. Beberapa daerah dikota pontianak nama depan daerah tersebut ditambahkan kata "Parit ataupun sungai". Misalnya saja parit haji husein atau sungai jawi. Pada zaman dulu, parit dan sungai menjadi sarana transportasi utama.  Untuk menikmati perairan di kota pontianak selain yang telah disebutkan sebelumnya kita juga dapat mencari kuliner khas dari sungai kapuas yang dapat dijumpai di beberapa rumah makan di Kota pontianak. Kedepan pontianak akan dikembangkan dengan konsep Waterfront city.  Yakni pengembangan daerah kota dengan tetap memperhatikan keseimbangan alam khususnya perairan.
Pontianak kota wisata paling menarik di indonesia karena dijuluki kota seribu parit
Parit di potnianak by Steven h o Jones Panoramio.com
Demikian ulasan saya tentang kota pontianak semoga kedepan pontianak dapat lebih maju dan berkembang lagi. Harapannya Pontianak Kota Wisata Paling Menarik Di Indonesia Dan menjadi salah satu destinasi utama wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. 

Sponsor :
Produk Oriflame @onlinekatalog

10 Komentar

  1. keren gan, ulasannye cukup lengkap. Moga menang ya..

    BalasHapus
  2. Wih... melihat matahari terbenam di sungai kapuas sepertinya seru babget ya. Ntar nyobain ah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aukss bg, ini salah satu foto sunset sungai kapuas http://www.panoramio.com/photo/44919993 (Saya lupa' mau masukin di artikel ini

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Wih... melihat matahari terbenam di sungai kapuas sepertinya seru babget ya. Ntar nyobain ah....

    BalasHapus
  5. sedap nampak nye ye wak.. main sampan keliling pontianak wkwkkw

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama