Biarlah Deadline yang Mengejar Kita

Suatu pekerjaan apapun itu pasti memiliki tujuan. Bahkan hal-hal yang tak berkaitan dengan pekerjaan pun memiliki tujuan.. Nah, seringkali tujuan yang akan kita capai telah kita rancang sedemikian rupa, persiapan sudah dilakukan dengan baik. Bahkan pra kegiatan konsep de el el telah kita lakukan. Namun, kenyataan di lapangan berkata lain. Seringkali kita malah di kejar-kejar oleh deadline, rencana yang telah kita susun tidak lagi sesuai dengan pelaksanaan. Grand design yang kita buat hanya sebagai penghias dinding-dinding saja. Lantas bagaimana kita menyikapi hal seperti ini?
Tujuan utama saya membuat tulisan ini bukan bermaksud menggurui atau sok tau. tak dapat saya pungkiri diri ini biasanya menyelesaikan pekerjaan atau tugas di masa-masa injury time dari deadline  yang saya buat. So, tulisan ini sebenarnya lebih cocok sebagai nasehat pribadi.
Let's check this out : 



Berdamai dengan diri sendiri
Kedengarannya memang aneh sih, bagaimana cara berdamai dengan diri sendiri, emang ada orang yang perang sama dirinya sendiri ?:D
Cara ini saya dapat dari seorang teman. Ia bercerita bahwa ia memiliki hobi menonton film (anime), tetapi dilain pihak ia juga ingin menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosen. Dilema toh? pastinya, diantara kita oasti yang memilih menonton dulu baru menyelesaikan tugas. Boro-boro mau nyelesaikan tugas. Malah ketiduran pula' :D (eh kok curhat). balik ke cerita teman saya tadi, katanya sih ia akan berdamai dengan diri sendiri, ikrar damainya kira-kira kayak gini :
   "Kita kerjain ini dulu ya, nanti setelah selesai baru kita nonton sepuasnya, okeh"
Menurut legenda cerita nya, tugas tugasnya selesai tepat waktu sesuai target, dan pastinya ia juga bisa menyalurkan hobinya.
kesimpulan saya dari cerita ini sebenarnya terletak pada TIME MANAJEMEN, cobalah sisipkan jadwal dari pekerjaan anda hiburan atau hobi anda diantara jadwal-jadwal urgent. Jangan lupa, buatlah skala prioritas. geye tok ih (sambas language)

FOKUS PADA TUJUAN
Fokus itu sulit, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Dalam fisika fokus merupakan sebuah titik dimana bayangan tampak begitu jelas, titik ini hanya ada satu. Jika kita masih kurang fokus ingatlah perjuangan anda mengapa anda mengejar deadline ini. Buka kembali coretan coretan dari grand design yang telah dibuat.  Percayalah kau akan melewatinya tak peduli bully an orang lain. Mnyelesaikan deadline bukan hanya soal tujuan saja, hargai proses dalam menjalani grand design kita.
Santai sejenak
Santai lah sejenak. Beri waktu anda untuk bernapas sebentar. Tapi bukan berarti lebih banyak santai dari pada bekerja ya...
Buatlah diri kita produktif setiap saat
Jangan nunggu deadline aja. SKS-an (sistem kebut semalam). 
Oke ini tips lain yang saya temukan di http://www.levo.com/.. mungkin lebih keren dari pada tips saya 
  1. Ingat dan pahamilah bahwa kita tidak bisa menyelesaikan semuanya dalam satu kali saja, emang mie instant :D
  2. Berhentilah berfikir bahwa deadline dari tugas/pekerjaan masih lama
  3. Jujurlah pada diri sendiri, mengapa anda bisa telat menyelesaikan deadline
  4. Ingatlah konsekuensi apabila kita terlambat dari deadline
  5. Mulailah pekerjaan sedini mungkin, segera setelah kita menerimanya
  6. Ingat terus pada time line
  7. Manajemen pekerjaan dengan mengelompokkannya
  8. Buat time line anda dengan baik

Terakhir... DO YOUR JOB WITH PATIENT and PASSION
NB : Do'akan saya khairul jalil dapat jodoh menyelesaikan penelitian sesuai deadline yang telah ditentukan
Aaamiin

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama