Bukit Kelam Destinasi Wisata Favorit di Kalbar

Bukit kelam destinasi wisata favorit di kalbar

Bukit kelam - The Great Giant Stone
Pernah naik bukit? pernah menginjak batu? 
Mungkin sebagian dari kita pernah menaiki bukit bahkan gunung. Tapi, pernahkah terbayang dibenakmu sebuah batu monolit yang tingginya mencapai 1000 mdpl? Ya, itulah bukit kelam. 
Bulan Juli kemarin saya berkesempatan menaklukkan bukit kelam - kesan pertama kereennnn selanjutnya kerennn banget sampe sekarang masih belum move on :D 
Tenang saja bukit kelam itu tidak kelam seperti namanya kok :)

Ini saya kasi bonus foto saya sebelum mendaki 
bukit kelam sintang

Baiklah kita mulai dari letak bukit kelam. Bukit ini terletak di kabupaten sintang (+/- 20 menit dari kota sintang). Kalo kamu berangkat dari pontianak menggunakan jalur darat akan ditempuh waktu kurang lebih 6 jam namun jika memakai jalur udara hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit.
Bukit kelam hanya memiliki satu jalur pendakian. Jalurnya lumayan menguras tenaga, sebelum berangkat kemarin teman saya bilang "kuat aja gak cukup, masih butuh semangat dan nyali". Saat itu kami memerlukan waktu kurang lebih 3 Jam untuk naik dan 2 jam untuk turun. sepanjang jalan disuguhi pemandangan kota sintang dikejauhan dan hijau perkebunan sawit. 
bukit kelam sintang
Oji' ganteng udh semester akhir :) 

Terdapat empat anak tangga yang mesti dilewati, tangga terakhir sebelum ke puncak menjulang sekitar 90 meter vertikal. Asli greget ditambah angin sepoi-sepoi + bunyi tangga. Naikknya juga harus gantian. Meskipun tangga tampak rendah namun, karena kemiringin tangga cukup besar. Tangga ini memacu adrenalin terutama saat turun. 

Tangga bukit kelamTangga bukit kelam


sampai di atas bukit kelam terdapat hutan yang lumayan lebat dan ditumbuhi berbagai flora. salah satu yang khas adalah kantong semar dan resam. Rapatnya hutan diatas puncak bukit terasa seperti hutan biasa. Ditepian puncak terdapat beberapa mata air yang dapat dijadikan alternatif jika perbekalan air sedang menipis. 
kantong semar Tanaman di bukit kelam

Tidak seperti bukit lain.. puncak dari bukit kelam relatif datar. Jadi sulit menentukan letak pasti puncaknya.. Ini nih pas dihutannya
Puncak bukit kelam hutan

Sampai dipuncak semua lelah dan letih terbayar sudah olah pemandangan yang benar-benar menakjubkan dari ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut. Dari sisi puncak ke sisi puncak yang lain jarak tempuhnya kira-kira 15 menit dengan kontur tanah yang datar dan lembab.
jalan jalan ke bukit kelam sintang

Bukit kelam

Saran sih bagusnya naikknya sore (nginap diatas) tapi malamnya siapsiap kedinginan atau pagi setelah subuh jadi gak panas saat naik. 
Sudah dulu ceritanya nanti malah gak seru kalo dicertikan semua...
Kalo punya kesempatan liburan kamu wajib mengunjungi ini dijamin gak bakalan rugi.

2 Komentar

Lebih baru Lebih lama