Apa itu Fisika?


     Definisi fisika didalam kamus adalah “ ilmu yang mempelajari materi, energi dan interaksi anatara keduanya”, tapi sebenarnya arti sesungguhanya dari fisika itu sendiri adalah mengenai pertanyaan mendasar tentang alam dan mencoba untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan cara pengamatan dan melakukan penelitian (eksperimen).

Berikut ini beberapa pertanyaan besar dari para fisikawan :
·         Bagaiamana alam semesta diciptakan/dimulai?
·         Apakah alam semesta suatu saat nanti akan berubah?
·         Bagaiman bisa matahari tetap bersinar?
·         Apa sebenarnya yang menjadi bahan dasar penyusun dari materi?
Jika pertanyaan tersebut menurutmu menarik, maka dapat kita pastikan kamu menyukai fisika.

Apa Saja yang fisikawan lakukan?
Banyak fisikawan bekerja pada bidang penelitian murni, mencoba untuk menemukan jawaban seperti beberapa pertanyaan diatas. Jawaban-jawaban yang mereka temukan akan beriringan dengan pengaplikasiannya dalam teknologi yang bahkan tak terduga sebelumnya. Contohnya, semua teknologi yang kita gunakan hari ini, bahkan “game konsol”, ponsel, pemutar musik mp3 dan DVD, merupakan hasil dari pemahaman mengenai teori-teori elektron yang berkembang dalam kurun waktu abad 20.
Fisika tidak hanya membahas mengenai konsep secara teoritis semata. Tetapi juga dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Mencakup:
·         Mengembangkan energi terbarukan untuk menghasilkan energi
·         Mengobati penyakit kanker, melalui radioterapi, dan mendiagnosa penyakit menggunakan berbagai alat pendeteksi melalui pencitraan, semua itu berdasarkan konsep fisika.
·         Mengembangkan game komputer
·         Mendesain dan membuat peralatan olahraga
·         Memahami dan memprediksi gempa bumi yang akan terjadi

... faktanya, setiap bidang yang dibutuhkan oleh masyarakat menggunakan pengetahuan akan fisika.

Bagaimana dengan matematika?
Banyak persoalan yang rumit di alam dapat dipahami dengan relatif mudah apabila dihubungkan dengan matematika . Fisika mencoba untuk membuka hubungan tersebut memalui pengamatan, kemudian membuat pemodelan matematikisnya , dan menguji pemodelan tersebut dengan melakukan percobaan. Persamaan matematika digunakan dalam fisika sering terlihat lebih rumit dari kenyataannya. Namun, jika kamu ingin mempelajari fisika, kamu akan membutuhkan matematika untuk menyelesaikan beberapa masalah dalam fisika.

.... dan komputer?

Fisikawan saat ini semakin banyak menggunakan komputer yang canggih dan bahasa pemograman dalam mencari solusi dari masalah-masalah ilmiah yang dihadapi, terutama untuk memodelkan suatu proses yang sangat kompleks. Jika simulasi yang digunakan tidak berdasarkan konsep fisika yang benar, maka akan sulit memprediksi apa yang terjadi dikeadaan sebenarnya. Banyak program perkuliahan fisika saat ini yang melibatkan setidaknya beberapa program komputer.

Source : http://www.physics.org/article-questions.asp?id=18

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama