Jam yang paling akurat

Pernahkah anda membayangkan didunia tidak ada jam. Tidak ada yang memiliki ukuran yang tepat untuk waktu. Hal seperti ini tentunya akan menghambat atau menyulitkan pekerjaan kita. Misalnya, jadwal kuliah jam 07.00 rapat jam 10.00, akan menyulitkan kita untuk menentukan waktu yang tepat jika kita tidak memiliki jam. Dengan kata lain, tanpa kita sadari hidup kita sangat bergantung dengan jam.

            Hal selanjutnya yang menjadi permasalahan. Misalkan semua jam yang ada di dunia ini kehabisan baterai secara bersamaan atau listrik mati, dengan demikian setiap jam akan mati dan dunia akan kehilangan jam. Nah, untuk itu para ilmuwan membuat suatu terobosan kesepakatan tentan waktu. Waktu untuk standar internasional ialah sekon atau detik. Dikutip dari wikipedia detik merupakan durasi dari lamanya 9.192.631.770 kali periode radiasi yang berkaitan dengan transisi dari dua tingkat hyperfine dalam keadaan ground state dari atom cesium-133 pada suhu nol kelvin. Jadi, menurut definisi ini detik erat kaitannya dengan atom. Nah, apakah detik ini juga berlaku pada keadaan keepatan relativistik? Tentu.
            Pengembangan pertama dari jam atom dilakukan pada tahun 1945. Dilakukan oleh National Institute of Standard and Technology (NIST) yang bermarkas di Boulder, Colorado. Kemudian, dikemudian hari dilakukan pengembangan-pengembangan yang membuat jam atom tersebut lebih akurat. Jam yang atom tersebut akan menjawab keragu-raguan anda mengenai jam “jam berapa tepatnya sekarang? “.
            Prinsip kerja dari jam atom berbeda dengan jam yang biasa kita lihat sehari-hari. Jam yang gunakan sehari hari merupakan kalibrasi dari jam atom. Kemudian, seperti namanya jam atom menggunakan prinsip osilasi pada elektron yang ada di atom. Karena adanya osilasi ini maka kita dapat menentukan frekuensinya. Hanya saja, spektrum dari frekuensi atom berbeda beda. Ada yang terletak pada spektrum inframerah dan ada pada spektrum ultraviolet.
            Frekuensi yang benar untuk resonansi cesium tertentu sekarang didefinisikan oleh perjanjian internasional 9192631770 Hz sehingga ketika dibagi dengan nomor keluaran adalah tepat 1 Hz, atau 1 siklus per detik. Jam ini digunakan secara berkala, tetapi hanya saja untuk pengkalibrasian di leb setiap tiga bulan sekali.
           
           


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama