Penanggulangan sampah perairan dengan alat bertenaga Surya


parit bersih
Credit foto trip apsitor.com
Air merupakan senyawa yang sangat penting dalam kehidupan kita. Hampir seluruh tubuh kita rediri dari air.  Selain dalam tubuh, air juga menutupi hampir 71 % permukaan bumi-Namun hanya beberapa persen saja yang dapat digunakan secara langsung untuk konsumsi manusia. 

            Seiring perkembangan zaman, kebutuhan akan air bersih semakin meningkat, hal ini tidak di ikuti oleh jumlah air bersih yang layak. Air bersih sudah banyak yang terkontaminasi oleh polutan yang diakibatkan oleh perbuatan manusia. Baik itu polutan yang berbentuk cair maupun polutan yang berbentuk padat. Harus ada upaya yang nyata dan dilakukan secara konsisten untuk mengurangi polutan tersebut, sehingga kebutuhan akan air sekarang dan di masa yang akan datang dapat terpenuhi.
            Pertama, tindakan preventif pada ketersediaan air bersih. Sumber- sumber air bersih harus dijaga dengan baik. Dengan cara pengelolaan, baik itu oleh pemerintah melalui kebijakan maupun oleh masyarakat melalui pola konsumsi. Perlu ada tindakan pencerdasan pada masyarakat yang tinggal didaerah sumber air bersih untuk tetap menjaga lingkungan dengan baik.
            Kedua, tindakan kuratif pada air yang telah terkontaminasi oleh polutan. tindakan ini harus disesuaikan dengan jenis polutan yang ada di air bersih tersebut. Kita dapat memanfaatkan teknologi yang ada baik itu yang sederhana maupun yang rumit. Salah satu yang dapat dilakukan untuk jenis polutan yang padat yang memiliki massa jenis lebih kecil dari massa jenis air. Cara yang dapat dilakukan yaitu menggerakkan dan mengarahkan ke jembatan saampah. Seperti yang digunakan di Baltimore (US).
            Nama dari alat ini adalah  Inner Harbor water wheel. Alat ini mengkombinasikan anatar teknologi lama berupa kincir dan teknologi baru berupa panel surya. Dalam penggunaannya alat ini dapat menampung 50.000 pound sampah perhari dan menghasilkan 2500 watt energi surya.
Prinsip kerja dari alat ini cukup sederhana.
1.Didepan alat diberikan dua buah penutup seperti jaring untuk mengarahkan samapah pada jembatan.
2. Kemudian sebelum jembatan diberikan jari-jari buatan. 
3.  Sampah akan sampai ditangga dan naik ke atas kemudia masuk ke tempat penampungan.
4.  Penggerak utama dari tangga adalah kincir air yang digerkaan dengan teknologi surya
Teknologi ini efektif untuk digunakan karena selain dapat secara otomatis mengambil sampah, juga ramah lingkungan karena menggunakan tenaga sel surya. Tetapi, kekurangan dari alat ini tidak dapat menjangkau polutan yang terendapkan didalam air. 
Menurut hemat penulis bahwasanya alat ini juga dapat digunakan dipontianak. Selain sebagai tindakan baik pencegahan dan penanggulangan sampah yang menumpuk di parit. Alat ini juga dapat digunakan sebagai sarana edukasi baik untuk siswa maupun masyarakat kota pontianak.
Semoga kedepannya kota pontianak memiliki alat yang seperti ini. Kemudian semoga untan dapat ikut berperan dalam pembuatan inovasi penanggulangan sampah di parit-parit. Aamiin
Sumber :

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama